Membentuk Ruang Penyadaran Melalui Lingkar Belajar Feminisme Situbondo

Oleh Raisa Izzhaty


Merintis sesuatu memang butuh perjuangan dan niat yang besar. Setidaknya ini yang kami alami ketika Lingkar Belajar Feminisme Situbondo dirilis, hingga telah memasuki minggu ke tiga. 


Isu isu tentang perempuan, kesetaraan gender, dan secara spesifik, feminisme, barangkali tidak terlalu menarik dibanding isu politik (apalagi menjelang pilkada). Namun, di situlah letak perjuangan kami.


Dengan mengatasnamakan sebuah wadah bernama Ruang Teduh, kami membuat sebuah lingkar belajar kecil-kecilan, yang tentu saja, anggotanya kami batasi (supaya keren) sehingga
vibes diskusinya terasa intim. Lingkar belajar yang berfokus pada perspektif feminisme ini, akan berlangsung kurang lebih satu bulan, dengan dua kali pertemuan dalam seminggu. Kami membuat sebuah kurikulum sederhana lengkap dengan bahan bacaannya, sehingga peserta mendapat pengalaman serta pemahaman yang terstruktur. 


 

Lingkar Belajar ini bukan hanya untuk mereka yang telah memiliki atau mengenal perspektif feminisme atau kesetaraan gender sebelumny,a, namun juga untuk mereka yang sangat awam tentang hal ini. Lingkar ini juga terbuka bagi siapapun, gender apapun, disabilitas maupun non disabilitas.


Saat pertama kali merilis poster, hingga dua hari setelahnya, kami tidak berhenti berdoa, agar supaya ada yang tertarik mengikutinya. Tepat di hari ke
-3 poster dirilis, google form kami menerima notifikasi pendaftaran melalui isian google form di link bio.


Sambil tertatih-tatih sebab tiba-tiba lupa bagaimana cara mengecek formulir yang diisi di google form, kami tidak berhenti tersenyum hari itu. Hari-hari berikutnya sampai hari ini, kami sangat bersyukur, lingkar belajar ini terlaksana dengan baik. Lebih senangnya lagi, ada peserta yang jauh jauh hadir dari Probolinggo, sekitar 2 jam 30 menit dari lokasi lingkar belajar kami. Itu membuktikan bahwa masih banyak yang menginginkan ruangruang intelektual dan diskusi di Situbondo.


Ada pula peserta laki-laki yang mengikuti lingkar belajar kami. Ini juga membuktikan bahwa arah perjuanan feminis bukan untuk memusuhi laki-laki, namun justru, bersama laki-laki menumbangkan sistem patriarki.


Entah apa dan bagaimanapun output lingkar belajar ini, kami sangat mengapresiasi segala semangat dan perjuangan yang dilakukan oleh peserta setiap minggunya.

Setidaknya, ada satu persatu pemikiran anti kekerasan yang lahir dari forum kami.
Sebagaimana tagline Ruang Teduh: Aman, nyaman, dan setara.

No one left behind. Ruang-ruang penyadaran telah dimulai.
 

Setidaknya, setelah lingkar belajar ini selesai, ada perspektif kesetaraan yang mampu diaplikasikan peserta dalam kehidupan sehari-hari. 


Setidaknya, setelah lingkar belajar ini selesai, peserta mampu lebih sensitif dan peka terhadap segala bentuk kekerasan di sekitar, dan tidak lagi menjadi
bystander atau enabler.

___
*) Inisiator Ruang Teduh

Membentuk Ruang Penyadaran Melalui Lingkar Belajar Feminisme Situbondo Membentuk Ruang Penyadaran Melalui Lingkar Belajar Feminisme Situbondo Reviewed by takanta on Agustus 22, 2024 Rating: 5

Tidak ada komentar