Karya Rupa Generasi Mawas Diri

Saya membuat tulisan ini karena dipaksa oleh teman,
yang sekarang sedang mengikuti Pameran Studi Khusus Mahasiswa Pendidikan Seni
Rupa Angkatan Tahun 2018 Universitas Pendidikan Ganesha yang bertajuk
ARTifacts.

Meskipun dipaksa, saya merasa tak mengapa. Karena
teman yang biasanya bangsat ini, sekarang sedang berkarya dan pameran bersama
teman-teman kuliahnya yang berjuluk Seruang 18.

Nama lengkap teman saya, Alek Sandra. Perawakannya
kurus, gondrong, berkulit gelap, tampang sangar, tidak ada baik-baiknya. Kecuali
saat ia sedang melukis/berkarya, rasa iba dan bangga seketika membuncah
melihatnya.

Tak perlu berpanjang lebar, karena bisa-bisa saya
malah cerita kemana-mana, mengenai Alex yang ditinggal pacarnya menikah,
sehingga ia sering nampak lelah menjalani hari-harinya.


###

Dalam pameran ARTifacts yang berlangsung dari tanggal
3-17 Januari 2022 di Galeri Fakultas Bahasa dan Seni UNDIKSHA, Singaraja-Bali.
Alek menampilkan dua karya rupa dengan teknik cukil pada permukaan kayu (wood cut).

Ia memberi judul “Tabiat Buruk 1” dan “Tabiat Buruk
2”. “Tabiat Buruk 1” memiliki ukuran 60 x 50 cm, sedangkan “Tabiat Buruk 2”
berukuran 110 x 60 cm. Keduanya dibuat di tahun 2021.

 

Pada karya “Tabiat Buruk 1” digambarkan sebuah
pertarungan antar mesin yang dilengkapi teknologi senjata. Objek yang satu
menyerupai pesawat terbang, objek satu lagi entah masuk kategori pesawat
terbang atau bukan, yang jelas memiliki mesin, ada simbol bintang, dan angka 7.
Keduanya sama-sama mengepulkan asap. Posisinya sejajar, antara yang menyerang
dan yang diserang.

Objek pertama menyerang dan mengeluarkan empat misil
yang mengarah pada objek kedua. Objek kedua nampak tidak ada perlawanan atau
belum berupaya untuk menghadang serangan misil.

 

Pada karya “Tabiat Buruk 2” digambarkan penyerangan objek mesin menyerupai pesawat terbang, yang tak lumrah, menjatuhkan lima
misil. Sasarannya digambarkan objek pemukiman yang tampak di bagian atapnya
saja. Posisi antar objek tidak sejajar, yang menyerang di atas, yang diserang
di bawah.

Sekilas dari dua karya tersebut, menampilkan suatu
bayangan yang bisa berakibat menghancurkan, meluluhlantakkan, bahkan
mengalahkan. Besar kemungkinan satu pihak akan dikalahkan.

Namun, bayangan itu semua belum terjadi. Menjadi objek
beku. Sehingga kemungkinan-kemungkinan terburuk sekalipun, belum tentu terjadi.

###

Saya melihat, dari kedua karya itu, tersimpan suatu
maksud untuk selalu mawas diri. Ada kehati-hatian yang bahkan teramat sangat.

Padahal bayangan kehancuran, keluluhlantakan, atau
kekalahan sudah mendekati kepastian.

Semua tertahan. Dibekukan. Memberi ruang bagi kemungkinan.
Sehingga kehancuran, keluluhlantakan, atau kekalahan bisa saja tidak terjadi.

Coba saya kontekstualisasikan ke kondisi hari ini. Era
teknologi informasi yang begitu agresif. Munculnya mesin-mesin pintar, yang
konon kabarnya bisa mengecoh manusia untuk tunduk patuh mengikuti logika operasionalnya.

Kepatuhan-kepatuhan yang menjadi milik manusia telah
dimanfaatkan oleh mesin pintar. Segala sesuatu dihadap-hadapkan. Seolah-olah
pilihannya hanya serang-menyerang. Bahkan diam sekalipun bisa dianggap menyerang.
Diam tak cukup jika hanya dimaknai sesuatu yang potensial untuk diserang.

Sesuatu yang nampak dan yang tak nampak, sama-sama
misterius. Tatanan dan logika lama yang sudah teratur dan linier, tiba-tiba
berubah, jungkir balik.

Cerdik pandai menyebut fenomena sekarang ini masuk
ke era disrupsi dan/atau era post-truth. Sederhananya, meminjam bahasa anak
sekarang, “dikira cupu ternyata suhu”.

Penyebabnya ialah inovasi yang dibuat oleh manusia. Tumpah ruah membanjiri isi pikiran dan pengalaman setiap orang. Era banjirnya
informasi memberi kesempatan yang sama, antara anak yang ada di pelosok
sekalipun dengan anak yang ada di tengah gegap gempita megapolitan. Semua sama,
asal punya akses terhadap teknologi.

Apa yang terjadi saat ini dan yang paling berpengaruh
bagi setiap orang, pintu masuknya melalui teknologi. Dengan teknologi semua orang
termotivasi untuk berinovasi.

Melalui inovasi orang-orang bisa menjadi produktif.
Inovasi juga bisa membuat orang dilema, terlena dan menjadi kontraproduktif.

###

Nah, jika ditautkan antara dua karya yang dibuat oleh
teman saya, Alek Sandra, dengan fenomena hari ini.

Entah apa yang terjadi pada anak muda ini, ketika saya
suruh dia untuk mengapeli perempuan di IG yang selalu ditatapnya
sembunyi-sembunyi.

Jawabannya hanya, “saya melihat statusnya online saja,
sudah senang sekali, Mas”.

Bajingan kamu!


Marlutfi Yoandinas, Penggiat Budaya Situbondo.

Penulis


Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ahmad Sufiatur Rahman Cerpen

Cerpen : Ketika Tubuh Bicara

Apacapa Oktira Indah Cahyani Universitas Sunan Kalijaga

Wajah Kemiskinan di Perkotaan dan Implikasi Penanggulangannya

Puisi Rion Albukhari

Puisi: Sonet Api

prosa

Tamu Kenangan

Buku Thomas Utomo Ulas

Ulas Buku: Novel Anak Bersudut Pandang Banyak

Apacapa

Vaksin Menyebabkan Jatuh Cinta, Fvksin?

Fendy Sa’is Nayogi

Memahami Pepatah Madura: Gherrâ Ta’ Bisa Èangghuy Pèkolan, Lemmes Ta’ Bisa Èangghuy Panalèan

Puisi Safari Maulidi

Puisi-puisi Safari Maulidi: Pasar Malam yang Hilang

Buku Ulas

Para Bajingan Yang Menyenangkan: Benar-benar Bajingan!

Agus Hiplunudin Apacapa Feminis

Environmentalisme dan Eksistensi Kaum Feminis

Cerpen Fahrus Refendi

Cerpen: Tahun Baru Terakhir

Buku M Ivan Aulia Rokhman Ulas

Nabi Muhammad dan Menguatkan Ideologi Islam

Apacapa

Pewaris Budaya Desa

Apacapa

Laki-laki Memasak dan Mencuci? Ah, Biasa Saja!

Apacapa Nanik Puji Astutik

Lelaki yang Kukenal itu tidak Punya Nama

fulitik hari wibowo

Gugah Mental Pemuda Situbondo, Mas Rio: Bisnis yang Bagus Itu Dijalankan, Bukan Dipikirkan

Cerpen

Cerpen: Seorang Perempuan dan Tengkorak di Pelukannya

carpan Fendi Febri Purnama Madura

Carpan: Sè Ronto

Cerpen Moh. Jamalul Muttaqin

Cerpen: Takdir

Apacapa Riski Bintang Venus

Optimalisasi Peran dan Kreativitas Pemuda Melalui Pendidikan Berkarakter Menuju Situbondo Bersaing